Madu Yaman

Penyebab kick starter ngelos pada sepeda motor

Apakah Anda pernah merasakan kick starter anda ngelos saat digenjot ? Sampai puluhan kali di engkol pun nggak ada sangkutnya. Kemungkinan yang menyebabkan ini sebenarnya ada banyak, kemungkinan terbesar biasanya akibat kampas kopling yang sudah aus. Gejala seperti itu sering muncul tapi pastinya itu bukan satu-satunya. Maka jangan kaget kalau sudah ganti kampas kopling, kick starter masih tetap ngelos. Pasti ada sebab lain.

Untuk jenis motor sport atau modifikasi kopling manual, juga bisa disebabkan setelan kopling tidak pas, misalnya setelan terlalu rapat sehingga kopling terus menekan jadi sudah pasti susah untuk distarter atau di engkol. Makanya kalau setel kopling mesti cari paling ideal. Bukan cuma ngejar tuas enteng. Tapi, rasakan di gigi. Kalau susah masuk, itu belum maksimal.

Sedangkan untuk jenis bebek yang pakai kopling otomatis, gejala itu bisa disebabkan karena kopling otomatis. Kalau tiga per sentrifugal sudah lembek, bisa juga jadi penyebab
. Perhatikan juga mangkok kopling otomatis. Jika tergores, juga bisa menyebabkan kopling otomatis nggak bekerja maksimal.

Dan yang perlu diingat saat pengecekan atau ganti komponen jika sudah uas (terkikis), baiknya selalu gunakan part OEM. Memang agak mahal, tapi kualitasnya terjamin juga lebih tahan lama pakai dan enggak sering bongkar pasang.


Semoga bermanfaat, salam sukses.