Madu Yaman

Jenis cairan pengaman dari korslet pada musim hujan

Hujan datang kekhawatiran juga datang kabel, busi dan peralatan kelistrikan pada motor pun terancam. Tapi beberapa produk cairan pelindung dari air yang bersifat konduktor (penghantar arus) dapat anda peroleh dibeberapa toko sparepart motor terdekat.

Karena alasan itu, wajar kalau para biker merasa khawatir pada saat tunggangan melewati genangan air atau diterpa hujan deras. Jangan-jangan motor mogok karena ada setrum yang korslet akibat kena guyuran air. Dan hal ini kerap terjadi pada saat musim penghujan seperti sekarang.

Tapi, ngomong soal cairan, ternyata enggak semua bisa jadi konduktor, melainkan sebagian isolator atau pelindung. Sehingga komponen yang dialiri listrik, terutama yang tak terlindungi dapat berfungsi seperti biasanya.


Nah, produk cairan anti korslet yang bisa dipilih diantaranya merek AHRS Multicare. Cairan ini diklaim mampu melindungi kelistrikan pada komponen motor, baik yang tertutup ataupun terbuka. Sehingga kekhawatiran motor mogok di jalan dapat diredam.

“Disebut Multicare karena bukan cuma berfungsi sebagai isolator, tapi juga bisa sebagai pelumas rantai roda sekaligus peradam komponen yang timbul bunyi tidak  wajar.

Selain produk AHRS, cairan serupa juga dikeluarkan PT Autochem Industri selaku distributor produk Prestone di Indonesia. Mengusung merek Master ML-40, cairan ini pun diklaim mampu melindungi komponen kelistrikan di motor.

“Kandungan atau komposisi material pada cairan ini fungsinya bukan cuma sebagai peredam suara. Tapi, juga sebagai pengaman arus listrik pada komponen kelistrikan di motor yang sifatnya terbuka. Contohnya di cop busi atau soket kabel.

Adapun cara penggunaan carian Master ML-40 dan AHRS Multicare sama saja. Sama-sama disemprotkan ke soket kabel pada komponen yang dialiri setrum. Namun saran Dion dan Eko, sebaiknya penyemprotan dilakukan sebelum motor kena air agar cairan lebih dulu melindungi.

Selain dua carian di atas, biker pengguna gadget pun bisa mengamankan alat elektroniknya agar terhindar dari air. Menggunakan cairan khusus yang dioleskan ke gadget, produk bermerek Liquipel dikliam produsennya mampu tahan dengan air. Semoga bermanfaat.(sumber:otomotifnet)