Madu Yaman

Penyebab Kecelakaan Fatal Saat Berkendara

Banyak hal yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas, diantaranya adalah penggunaan handphone atau telepon seluler. Namun penelitian menunjukan, melamun juga menjadi salah satu penyebab utama.

Dari hasil studi yang dilakukan oleh Group Asuransi Erie, sebesar 62 persen penyebab kecelakaan lalu lintas adalah pengemudi melamun dan tidak fokus. Sedangkan penggunaan telepon genggam atau handphone hanya sebesar 12 persen.

Menurut yayasan AAA keselamatan lalu lintas, membutuhkan sekitar 20 keputusan yang rumit
untuk berada dijalur yang benar setiap berkendara. Karena mengemudi merupakan tugas yang sulit dan membutuhkan perhatian penuh dari pengendara.

Departemen Transportasi Amerika Serikat menyatakan, bulan April ini sebagai National Distracted Driving Awareness Mounth. Langkah ini diambil sebagai bentuk upaya membantu para pengemudi untuk fokus pada jalanan saat berkendara.

Selain melamun dan tidak fokus, menurut Group Asuransi Erie, penyebab lain dalam kecelakaan adalah berbicara dengan orang lain di dalam mobil, makan dan banyak bergerak di dalam mobil, serta hewan peliharaan yang mengganggu.

Semoga bermanfaat.