Cara merawat mesin mobil diesel

Banyak hal yang menguntungkan dari sebuah mesin diesel, selain memiliki keunggulan dibandingkan dengan mesin bensin seperti, efisiensi bahan bakar dan juga emisi gas buang yang rendah, ternyata mesin diesel juga mudah dalam perawatan.

Berikut ini beberapa cara perawatan agar mobil bermesin diesel Anda lebih awet dan panjang umur :
  1. Sebelum melakukan perjalanan, mesin diesel harus dipanaskan dahulu kurang lebih selama lima menit.
  2. Dan yang paling penting adalah jangan sampai tangki solar kosong. usahakan ketika sudah 1/3, segera isi ulang dan jangan dibiarkan sampai benar-benar kosong. Jika habis, maka harus memompa injection pump, itu karena sifat solar tidak menguap.
  3. Bila injection pump rusak parah, segera bawa ke bengkel khusus mesin diesel. Jangan ke montir yang sembarangan.
  4. Filter udara harus sering-sering dibersihkan, minimal setiap 20km dan rajinlah untuk mengcek filter  bahan bakar. Debu adalah musuh utama mesin diesel karena debu bisa masuk ke dalam mesin dan dapat mempercepat keausan di ruang bakar, soalnya debu menjadi bahan pengasah antara ring piston dengan silinder.
  5. Selain itu filer solar juga harus kita perhatikan. Kalo rusak, segera ganti. Jangan ditunda-tunda.
  6. Setiap pagi kita juga harus membuang air dari saringan solar, dan kita juga harus membersihkan saringan solar. Dan wajib diganti setelah mobil kita menempuh jarak 16.000km.
  7. Ganti oli setiap 5000 km dan juga ganti filternya. Hal itu supaya mobil tetap stabil, gagah dan pasti nyaman.
Jika sebuah mobil dengan mesin diesel mengalami mogok atau mati di tengah jalan, itu biasanya hanya saringan udara dan bahan bakar yang mampet. Untuk masalah pada mesin diesel yang sering mengeluarkan asap hitam, itu adalah karbon. Mengeluarkannya dengan menginjak pedal gas dengan rpm tinggi karbon itu sudah keluar.

Semoga bermanfaat.