Madu Yaman

8 Cara menghilangkan bau saat AC baru dihidupkan

Penyakit ini tak hanya dialami oleh mobil yang baru keluar dari dealer, AC mobil yang sudah lama dipakai pun juga dapat dapat mengeluarkan bau yang kurang sedap saat baru dihidupkan.

Namun hal tersebut jangan dibiarkan saja. Sebenarnya bau tidak sedap paling sering berasal dari karpet. Debu yang menempel berputar dan bercampur dengan udara di kabin. Artinya, sirkulasi udara di kabin sudah kotor dan pemilik mobil harus lebih waspada.
 
Ada delapan beberapa cara untuk menghilangkan bau saat AC baru dihidupkan :
  1. Hindari membuka kaca terlampau sering dan lama ketika mobil sedang berjalan. Debu jalanan yang masuk diputar oleh blower AC. Kotoran akan masuk ke sistem sirkulasi, menempel dan menimbulkan bau.
  2. Bersihkan karpet mobil sesering mungkin. Untuk menghindari karpet terlalu kotor atau berdebu, sebaiknya membersihkan bagian bawah alas kaki sebelum mobil dijalankan. 
  3. Bersihkan evaporator AC.
  4. Hindari merokok di dalam kabin karena asapnya akan menempel di semua bagian seperti plafon, jok, hingga karpet. Aroma asap rokok sangat sulit dibuang dan akan terus berputar.
  5. Rawat AC minimal enam bulan sekali.
  6. Kurangi menyimpan makanan atau makan di dalam kabin. Baunya akan bercampur dengan udara dikabin dan menempel ketika bersirkulasi. 
  7. Pada kondisi mendesak, bisa dihilangkan dengan pewangi mobil, namun tidak sampai 100 persen. 
  8. Kopi dikenal sebagai penetralisir bau. Jika wewangian di kabin dianggap tidak sehat, letakkan sebungkus kopi bubuk yang sudah dibuka di beberapa bagian  kabin (bisa di panel pintu, atau di bagian belakang kabin) lalu diamkan semalaman.
Mudah-mudahan dengan memperhatikan cara-cara diatas, AC mobil Anda tidak akan mengeluarkan bau tak sedap lagi saat mulai dihidupkan.