Madu Yaman

Tips bila akan berkendaraan jauh

Kebiasaan pulang kampung yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang Indonesia terutama saat akan libur lebaran merupakan saat yang penting sekali untuk diperhatikan terutama bagi anda yang menyetir mobil sendiri demi keselamatan dan kenyamanan anda dan keluarga.

Berikut ini beberapa tips berkendaraan jauh yang perlu anda ketahui :

  1. Cek dan pastikan tubuh Anda dan kendaraan Anda dalam keadaan baik dan fit.
  2. Stel tempat duduk Anda sebagai pengemudi senyaman mungkin sebelum memulai perjalanan, perhatikan kenyamanan tangan Anda  pada stir serta jangan lupa berdo'a demi keselamatan dijalan.
  3. Fokuskan pandangan kedepan dan perhatikan sekeliling secara kontinyu (cek melalui spion setiap beberapa menit atau saat akan pindah jalur) ini penting untuk memantau keadaan kendaraan lain disekitar Anda serta jangan lupa nyalakan lampu sein bila ingin berpindah jalur.
  4. Jaga jarak aman antara kendaraan Anda dengan kendaraan lainnya hal ini sangat penting karena saat terjadi pengereman mendadak masih ada ruang untuk proses pengereman.
  5. Lakukan teknik tarik dan lepas bila anda berada ditikungan untuk mempermudah pengendalian kendaraan Anda.
  6. Perhatikan dan kenali karakter mobil Anda, sebab anda dituntut untuk melakukan perpindahan gigi persneling pada saat yang tepat seperti saat menikung dan menghadapi tanjakan.
  7. Bila badan sudah terasa lelah (biasanya maksimal 4 jam berkendara ) segera cari tempat istrahat, jangan pernah memaksakan diri walaupun jarak ke tujuan sudah dekat sebab kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.
Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda.