Madu Yaman

Modifikasi knalpot bambu pada sepeda motor

 Ada-ada saja yang dilakukan pria paruh baya ini. Sebut saja namanya Fang Jen dari Chongzuo China. Ia memasang knalpot dari bambu yang banyak tumbuh di daerahnya tinggal.
 
Hal ini berawal dari kekesalan Fang Jen pada knalpot sepeda motornya yang sudah beberapa kali diganti karena kerusakan/bocor pada plat knalpot. Tapi sebenanya ini ia lakukan karena dia tidak memiliki cukup uang membeli knalpot baru, he... 


Kalau sudah kepepet memang ulah manusia bisa bermacam-macam. Akhirnya pria ini memiliki ide mengganti knalpotnya dengan sepotong bambu yang ukuran dan bentuknya telah ia sesuaikan.

Dan hasilnya sangat mengejutkan. Knalpot "custom" buatannya ini selain bisa berfungsi dengan baik juga dapat mengurangi limbah knalpot bekas bahkan hasil suaranya juga lebih lembut bila dibandingkan dengan knalpot aslinya. 

Direncanakan akan dilakukan tes dyno, apakah knalpot bambu ini bisa meningkatkan performa seperti halnya knalpot-knalpot modern.

Harapan kita semoga akan ada Fang Jen - Fang Jen lainnya yang kreatif dan ramah lingkungan, he....Semoga bermanfaat dan dan menjadi inspirasi.