Madu Yaman

Membeli mobil bekas banjir


Banjir datang, show room mobil bekas pun penuh karena pemilik mobil yang terendam banjir biasanya akan menjual mobilnya dengan harga yang relatif murah apalagi bila mobilnya sudah dinyatakan rusak parah oleh teknisi bengkel.  

Namun bila bila Anda berminat membeli mobil second bekas banjir, harus memperhatikan banyak hal. Termasuk biaya perbaikan, sampai mobil tersebut layak pakai kembali.
 
Jika kita membeli sebuah mobil second biasanya harus menyediakan dana antara Rp.5 juta sampai dengan Rp.10 juta, namun bila mobil bekas banjir diperlukan dana puluhan juta untuk memperbaikinya sampai bisa benar-benar aman dan nyaman dipakai. Biaya perbaikan mobil bekas banjir itu bervariatif dan tergantung kerusakan dan jenis mobil. Estimasi biaya yang diperlukan mencapai angka Rp.30 juta sampai Rp.70 juta an.
 
Untuk mobil-mobil lawas yang belum memakai komponen sistem komputerisasi, biayanya bisa relatif lebih murah. Tapi tetap dilihat dari seberapa parah kerusakan mobil tersebut. Biayanya relatif, tergantung seberapa parah kerusakannya. Tapi, kalau mobil yang pernah coba distarter oleh pemiliknya, dan air yang masuk ke dalam mesin serta tercampur oli, itu yang masuk dalam kategori rusak parah. Butuh biaya sekira Rp30 jutaan bahkan lebih.
 
Penjual mobil bekas terendam banjir jarang yang mau mengaku jika mobilnya bekas terkena banjir. Jadi, sangat diharapkan ketelitian calon pembeli dalam melihat kondisi kendaraan yang akan diincar.


Ok, semoga bermanfaat.