Madu Yaman

Kapan waktu yang tepat untuk spooring dan balancing ?

Spooring dan Balancing adalah istilah yang biasa kita dengar terkait dengan perawatan ban atau kaki-kaki pada mobil. Spooring dimaksudkan untuk melakukan keselarasan antara roda belakang dan roda depan sedangkan balancing adalah melakukan penyetelan terhadap roda agar berputar tetap pada titik keseimbangan pusat roda.  

Dalam keamanan dan kenyamanan berkendara, kedua hal ini sangat penting untuk diketahui. Untuk itu jika tiba saatnya untuk spooring dan balancing, sebaiknya segera lakukan itu.
 
Bagi orang awam tentunya mengetahui kapan harus spooring dan balancing merupakan satu hal yang tidak mudah. Bahkan pasti ada yang bertanya seperti ini. Balancing spooring perlukah ? Untuk itu berikut ada beberapa hal yang dapat dijadikan indikasi bahwa waktu untuk spooring dan balancing memang sudah tiba.
  1. Perhatikan dan rasakan apakah setir bergetar saat sedang berkendara. Setir yang bergetar menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan ban depan. Bahkan hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Saat anda merasakan hal tersebut, maka inilah saat yang tepat untuk melakukan spooring dan balancing.
  2. Saat anda sedang melaju lurus, coba rasakan apakah ada pergerakan atau perasaan bahwa mobil berbelok dengan sendirinya. Jika mobil cenderung berbelok ke arah tertentu dengan sendirinya, maka hal ini merupakan indikasi bahwa ada masalah spooring.
  3. Untuk mengetahui ketidaknyamanan dalam berkendara, anda bisa mengecek keausan pada ban mobil. Perhatikan secara seksama dan menyeluruh. Jika ada benjolan pada ban, maka bisa jadi system suspensi mobil anda sedang bermasalah.
  4. Jika terjadi masalah dan mengharuskan anda untuk spooring ataupun balancing, biasanya efek yang paling terasa terletak pada setir. Jika setir terasa tidak nyaman bahkan lebih berat dari biasanya, atau bahkan saat setir dibelokkan setir tidak mau kembali pada posisi semula, maka anda harus segera melakukan spooring dan balancing.
  5. Saat membelokkan mobil, apakah terasa sedikit goncangan. Jika terasa goncangan padahal pada kenyatannya kondisi jalan terlihat bagus, maka bisa dipastikan bahwa ada masalah pada spooring dan balancingnya.
  6. Efek paling parah yang bisa muncul karena tidak adanya penanganan spooring dan balancing adalah hilangnya keseimbangan mobil. Hal ini tentunya bisa sangat berbahaya terlebih saat anda sedang melaju pada kecepatan yang cukup tinggi. 
Nah, setelah tahu maka anda dapat melakukan tindakan yang benar untuk keselamat berkendara. Semoga bermanfaat.