Penyebab mesin mobil tersendat-sendat

Kalau mesin mobil anda tersendat-sendat, jangan buru-buru panik dan memanggil montir, cek dulu keadaan mobil, siapa tahu anda bisa memperbaiki sendiri yang berarti akan menghemat pengeluaran anda.
Mesin mobil tersendat biasanya disebabkan oleh dua hal, yaitu yang berhubungan dengan pengapian dan bahan bakar. Untuk pengapian, komponen yang berhubungan adalah koil, kabel busi dan busi. Sedangkan untuk bahan bakar, ada injektor/karburator, fuel rail, fuel pressure, filter dan pompa. Bila bermasalah pada komponen-komponen itu dapat menyebabkan mesin berjalan tersendat-sendat.

Gejala mesin berjalan tersendat-sendat biasanya terjadi pada semua tingkat kecepatan. Sebab pasokan api atau bahan bakar yang dikirim dari sumbernya tidak bisa sampai ke tujuan dengan sempurna.

Contoh, ketika terjadi perpindahan gigi, mesin berjalan tersendat-sendat. Kondisi pengapian yang sudah tidak bagus, tak mampu untuk membakar jumlah bahan bakar yang masuk. Akibatnya justru over supply bahan bakar.

Salah satu cara mudah mengetahui adanya kebocoran pengapian ketika malam hari. Simpan mobil di kegelapan, kemudian nyalakan mesin. Pantau sekitar perangkat pengapian, kalau ada kebocoran biasanya akan terlihat.

Lain lagi untuk mengetahui adanya masalah dalam sistem bahan bakar. Salah satu metodenya dengan menginjak secara tiba-tiba pedal gas sampai menyentuh dek. Jika
mesin tersendat sebaiknya diperiksa komponen-komponen yang ada. Kalau diinjak secara mendadak, mesin akan minta bahan bakar dalam jumlah banyak. Kalau ada yang masalah, jelas jumlah tersebut tak tercukupi yang akhirnya mesin tersendat-sendat.

Analogi sederhananya, anggap saja seperti kran air, slang dan penyemprot tanaman. Kran air diibaratkan fuel pump atau koil. Kemudian slang sebagai kabel busi atau fuel rail. Penyemprot tanaman sebagai busi atau injektor. Jika kran dibuka penuh tapi ada kebocoran di slang, maka air yang keluar di penyemprot tanaman juga tak bisa maksimal.

Selain itu, komponen pemberi dan penerima perintah mesin juga bisa menyebabkan mesin tersendat. Seperti ECU, air flow, crank sensor, atau juga camshaft sensor.

Semoga bermanfaat, salam sukses.