Madu Yaman

Cara memperbaiki engkol motor yang nggak mau balik

Pernahkah anda mengalami, ketika menginjak engkol (kick starter) tapi setelah diinjak engkol nggak mau balik lagi dan malah tetap di bawah saja?

Kejadian ini biasanya sering terjadi pada sepeda motor yang umurnya lebih dari 3 tahun. Kenapa demikian? Karena per pada starternya sudah kekurangan cairan pelumas sehingga saat diinjak pedalnya tidak bisa balik lagi ke atas dan harus kita naikkan sendiri.

Anda tidak perlu terlalu khawatir, jika Anda mengalami hal tersebut tidak perlu berfikiran kalau kejadian ini akan menyebabkan kerusakan parah. Jika kick starter diinjak tidak mau balik lagi ke posisi semula solusinya hanya
mengoleskan pelumas ke bagian per starter.

Anda tinggal memberi pelumas atau gemuk di per starternya. Itu terjadi biasanya karena gemuknya sudah mulai habis atau kering. Lain lagi ceritanya bila kick starter yang ngelos atau ngempos saat diijak. Sewaktu menghidupkan mesin kick starter sering ngelos itu disebabkan oleh klep dan ring seher yang sudah rusak. Dan ini juga biasanya terjadi pada motor yang usianya diatas 3 tahun.

Bagaimana jika terjadi hal seperti itu dan apa yang harus dilakukan? Sebenarnya jika klep dan ring seher sudah mulai rusak tidak ada cara lain selain diganti baru.

Sangat disarankan meskipun motor anda sudah tersedia electric starter jangan pernah melupakan kick starter. Sesekali anda harus tetap menggunakan kick starter agar gemuk atau pelumas tidak cepat kering misalnya pada saat pagi hari sekali-kali gunakan engkol saja.