Madu Yaman

4 Hal yang harus diperhatikan sebelum memodifikasi Moge

Memodifikasi  sepeda motor 250 sampai 1.000 cc yang masuk ke kategory motor gede (moge) memang sangat mengasyikan. Bermacam ide dan kreasi dapat diaplikasikan kepada Motor Gede. Namun sering kali setelah dimodfikasi kita mendapatkan kenyataan Moge menjadi kurang nyaman untuk dikendarai.

Nah, berikut ini 4 hal yang harus diperhatikan sebelum memodifikasi Moge

1. Perhatikan perubahan di sektor kaki-kaki
Karena motor berkapasitas mesin cc besar rentan dengan tenaganya yang besar jadi mesti pemasangan dan pemilihan bahan mesti berhati-hati. Shock depan adalah untuk tumpuan beban bagian depan, jadi harus diketahui ayun bebas harus berjarak berapa. Sebagai contoh pada motor Kawasaki Ninja 250 yang lebih cocok untuk shock depan (teleskopik or upsd) sekelas motor 600 cc, karena berat bebannya tidak berbeda jauh.


Selain itu karakter shock tiap unit motor berbeda. Jadi harus mencari informasi lebih dahulu sebelum dilakukan pemasangan. Begitu juga dengan sudut kemiringan segitiga  shock. Hal ini sangat penting untuk sudut putar dan kenyamanan berkendara.

2. Pelek
Dalam memodifikasi moge juga banyak dilakukan di sektor pergantian pelek. Ingan jangan sembarangan dalam mengganti ukuran pelek. Perubahan sektor pelek akan signifikan dari hasil performa motor. Bila dari pabrikan standarnya ukuran 3.5 inch, lalu diganti menjadi 5,5 atau 6 inch, otomatis berat bebannya bertambah dan akan sangat mempengaruhi performanya.

3. Swing Arm
Swing arm juga menjadi sektor yang selalu dimodifikasi karena berfungsi sebagai tumpuan untuk kaki-kaki belakang, jadi. pemilihan arm sangat penting. Ukuran lebar as tengah tiap motor berbeda, swing arm sendiri adalah untuk menjaga stabil atau tidaknya motor. Jadi pemilihan dan teknik pemasangan yang salah, akan mempengaruhi motor itu sendiri.
 
4. Rangka
Untuk motor yang ingin diubah rangkanya, atau rangka custom, sangat dibutuhkan perhitungan yang cermat.
Hal ini dilakukan agar tidak asal dalam pemasangan dan perubahan rangka tanpa memperhitungkannya terlebih dulu. Rangka adalah tempat penumpu engine, jadi perhitungan sudut kemiringan mesin sangat dibutuhkan dan kalau tidak semuanya tidak akan presisi.

Oke, bila semua hal diatas anda perhatikan dengan baik mudah-mudahan moge anda menjadi lebih gaul dan tetap nyaman untuk dikendarai.