Madu Yaman

cara mencegah motor mberebet saat musim hujan

Filter udara standar yang biasa dipakai di motor ada 3 jenis, berdasarkan dari bahan penyaringnya. Filter berbahan busa, kertas dengan lapisan oli dan kertas saja. Walau pun tempatnya terlindung tapi kotoran dan air masih bisa masuk dan bersarang disana.

Kalau air sudah masuk ke dalam filter busa dan bercampur dengan udara yang tersedot, pasti motor bakalan ngadat alias mberebet karena kandungan air yang terdapat di udara terlalu banyak.

Tapi, bila filter kertas terkena air, malah partikel air akan menghalangi pori-pori kertas dan udara susah masuk, sehingga motor susah bernafas alias asupan udara kurang.

Apalagi sekarang musim hujan, kemungkinan air masuk ke filter udara bisa terjadi. Kalau motor jadi mberebet setelah menerjang banjir atau terkena hujan sebaiknya periksa
bagian kelistrikan dan juga filter. Meskipun air akan ditampung di bak penampungan karburator, tapi bila terlalu banyak motor akan mogok.

Jadi, sebaiknya sebelum air masuk ke karburator dan terbawa ke ruang bakar, mendingan dibersihkan terlebih dahulu air yang berada di filter. Caranya sangat mudah. Untuk filter yang terbuat dari kertas, bila terkena air tidak bisa dibersihkan karena bisa rusak, jadi sebaiknya langsung diganti baru.

Sedangkan bila filter yang terbuat dari busa, cukup semprot dengan kompresor dan keringkan dibawah terik matahari.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat.