Madu Yaman

Cara memperbaiki dan merawat radiator

Bagi agan agan yang memiliki mobil yang sudah cukup berumur tentu sudah mulai banyak mengalami keluhan mulai dari mesin sampai dengan body, diantara keluhan itu adalah radiator yang mulai berkarat dan bocor. Radiator berperan penting untuk mendinginkan mesin mobil dan apabila mengalami kebocoran akan sangat membahayakan mesin. Ada beberapa cara untuk mencegah kebocoran pada radiator antara lain :


1. Periksa dudukan radiator secara berkala, apakah sudah mulai longgar? Caranya adalah dengan menggerak-gerakkan radiator maju-mundur. Apabila kedudukan radiator bergoyang atau longgar maka akan menyebabkan gesekan antara radiator dengan bagian lain yang berakibat terjadinya kebocoran pada radiator.


2. Hidupkan mesin mobil, apakah radiator dalam keadaan bergetar? Kalau bergetar Itu menandakan dudukan radiator mulai  perlu perbaikan.




3. Untuk mengatasi radiator yang goyang atau bergetar adalah dengan membuat dudukan karet yang dibuat dari ban dalam bekas (silahkan minta saja ke tukang tampal ban, tapi yang sopan ya mintanya….., he…) untuk mengganjal dudukan radiator.


 4. Buka pengunci radiator lalu lilitkan karet ban pada tuas radiator kemudian kencangkan pengunci. Goyang-goyang kan radiator apakah sudah cukup kuat? Kalau masih bergoyang maka ulangi dari langkah 1.



Dan yang terpenting gan…, rajin-rajinlah memeriksa kondisi radiator minimal satu bulan sekali.